News


RUANG LINGKUP KAJIAN SEMANTIK

diposting pada tanggal 24 Jul 2015 02.05 oleh Azkia Muharom Albantani   [ diperbarui24 Jul 2015 02.09 ]

Kajian semantic tidak hanya menjangkau bidang dalam tataran linguistic, tetapi juga mencakup bidang yang lebih luas di luar tataran linguistic. Namun bahasan ini, hanya akan memfokuskan pada bidang linguistic. Makna dapat dianalisis melalui struktur dalam pemahaman tataran bahasa, baik dalam lingkup fonologi, morfologi maupun sintaksis. Dan bagaimana sikap para linguis Arab pra Al-Zamakhsyari dalam menekuni kajian ini, penulis akan menampilkan tokoh linguis Arab yang bisa mewakili tokoh-tokoh linguis lainnya. Tokoh yang dimaksud adalah Abu Al-Fath Utsman Ibn Jinni (321-392 H).

more : click here

PROSES BERBAHASA PRODUKTIF DAN RESEPTIF

diposting pada tanggal 11 Mei 2015 17.44 oleh Azkia Muharom Albantani

Bahasa adalah alat verbal yang digunakan untuk berkomunikasi. Berbahasa adalah proses penyampaian informasi dalam berkomunikasi.  Dalam linguistik bahasa sebagai objek kajiannya, sedangkan berbahasa adalah objek kajian ilmu psikologi.
Para pakar linguistik mendefenisikan bahasa adalah satu sistem lambang bunyi  yang bersifat arbiter, kemudian defenisi tersebut ditambah dengan yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat untuk berinteraksi dan mengidentifikasikan diri.

more: click here

Metode Tata Bahasa - Terjemah

diposting pada tanggal 11 Mei 2015 01.56 oleh Azkia Muharom Albantani

Terjemahan merupakan salah satu teknik tertua untuk menunjukkan makna dari suatu kata bahasa asing, dan tata cara ini telah digunakan di dalam pengajaran bahasa asing pada zaman kekaisaran romawi. Dasar-dasar Grammar Translation Method pun sudah ada pada zaman kebangunan kembali. Bagaimanakah sebaiknya tata bahasa suatu bahasa Asing harus disajikan: di dalam bahasa Asing itu sendiri atau di dalam bahasa pertama?

more: click here

Fonologi dan Morfologi Bahasa Arab

diposting pada tanggal 11 Mei 2015 01.38 oleh Azkia Muharom Albantani

Ilmu bunyi sebagai ilmu klasik yang dapat perhatian luar biasa dari bangsa Arab sejak awal kemunculannya. Hal itu dapat diketahui dari apa yang dilakukan oleh imam Kholil bin Ahmad (175 H). beliau berbicara rinci tentang fonetika bahasa Arab dan menjelaskan tempat keluarnya suara, dan sifat-sifatnya. Yang kemudian dilanjutkan oleh muridnya imam Syibaweih, dengan menjadikan fonetika bahasa Arab sebagai pengantar bahasa Arab dalam bukunya yang berjudul “Dzahirah al-Idgham as-Shautiya” sehingga banyak pakar bahasa dan ulama tajwid di berbagai zaman menaruh perhatian pada cabang ilmu pengetahuan tersebut.
Memperbaiki pengucapan bunyi bahasa merupakan pintu masuk yang benar, juga cara yang tepat mempelajari bahasa asing dan mendalaminya. Betapapun seorang pengkaji memiliki kosakata dan memiliki kaidah, susunan dan bentuk kalimat sebuah bahasa, anamun tidak menguasai dengan baik pengucapan bunyi maka sulit mempraktikkan bahasa asing.
Mempekokoh tutur bahasa yang baik dianggap bagian unsur bahasa yang tersulit. Bunyi tersulit bagi pelajar adalah bunyi bahasa asing tidak sama dengan bahasa ibu. Cara penuturan dalam bahasa ibu dan kebiasaan dalam penuturannya memberikan kesulitan besar bagi pelajar yang tidak terbiasa berbicara dengan bahasa yang dipelajari. Karena itu perlu perhatian penuh dan latihan yang sering dalam menuturkannya.

more: click here

Metode Khusus Pembelajaran Bahasa Arab (Laporan Observasi)

diposting pada tanggal 6 Mei 2015 20.07 oleh Azkia Muharom Albantani

Puji syukur penulis panjatkan pada Allah SWT yang telah memberikan taufik dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan ”LAPORAN OBSERVASI METODOLOGI KHUSUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS JAM’IYYATUL KHAIR CEMPAKA PUTIH CIPUTAT TIMUR”. Shalawat dan salam penulis sampaikan kepada Nabi besar kita  Muhammad SAW sebagai pembawa risalah dan Revolusioner dunia, juga pada para sahabat dan pengikutnya.
Penyusunan laporan observasi ini dimaksud untuk memenuhi tugas observasi mata kuliah MKPBA II yang bertempat di MTs Jam’iyyatul Khair Cempaka Putih Ciputat Timur, selanjutnya dalam proses penulisan laporan ini penulis banyak mendapat perhatian dan bimbingan dari berbagai pihak, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian ini.

more : click here

Perkembangan Ilmu Nahwu Kontemporer

diposting pada tanggal 6 Mei 2015 20.01 oleh Azkia Muharom Albantani

Ilmu nahwu (sintaksis) adalah disiplin ilmu yang membahas kedudukan suatu kalimat dalam bahasa arab, dengan mempelajari ilmu nahwu memberikan solusi untuk mengatasi berbagai kesulitan yang ada dalam kitab, khusus kitab-kitab berbahasa arab, karena bahasa arab selain bahasa pergaulan adalah bahasa pemersatu umat Islam, bahasa al-Qur’an dan al-Hadis. Agama Islam diturunkan di tengah – tengah kultural arab maka bahasa arab sangat identik dengan komunitas, wilayah kultur arab itu sendiri. Bahasa yang digunakan al-Quran dan al-Hadis adalah bahasa arab Quraiys sesuai dengan kesepakatan dan perkembangan berbagai bahasa suku-suku yang mendiami jazirah arab.
Seiring dengan perkembangan dari mulai di turunkan agama Islam di tanah arab, di utusnya Nabi Muhammad sebagai pelopor pembaharu dalam berbagai sosial kebudayaan jahiliyah, terutama sekali konstruksi bahasa arab oleh para ulama setelah nabi wafat. Penomena peristiwa yang berlaku saat itu adalah banyaknya pengikut Islam dari berbagai wilayah di luar arab, yang tentunya memiliki cara pandang dan teori membaca al-Quran. Denagan demikian, para ulama mulai menyususun konsep untuk pemberlakuan tata bahasa(gramer) untuk menjaga kesalahan berbahasa baik, membaca al-Quran, hadis, maupun kitab-kitab ilmu arab lainnya.

more : click here

1-6 of 6