News‎ > ‎

Fonologi dan Morfologi Bahasa Arab

diposting pada tanggal 11 Mei 2015 01.38 oleh Azkia Muharom Albantani
Ilmu bunyi sebagai ilmu klasik yang dapat perhatian luar biasa dari bangsa Arab sejak awal kemunculannya. Hal itu dapat diketahui dari apa yang dilakukan oleh imam Kholil bin Ahmad (175 H). beliau berbicara rinci tentang fonetika bahasa Arab dan menjelaskan tempat keluarnya suara, dan sifat-sifatnya. Yang kemudian dilanjutkan oleh muridnya imam Syibaweih, dengan menjadikan fonetika bahasa Arab sebagai pengantar bahasa Arab dalam bukunya yang berjudul “Dzahirah al-Idgham as-Shautiya” sehingga banyak pakar bahasa dan ulama tajwid di berbagai zaman menaruh perhatian pada cabang ilmu pengetahuan tersebut.
Memperbaiki pengucapan bunyi bahasa merupakan pintu masuk yang benar, juga cara yang tepat mempelajari bahasa asing dan mendalaminya. Betapapun seorang pengkaji memiliki kosakata dan memiliki kaidah, susunan dan bentuk kalimat sebuah bahasa, anamun tidak menguasai dengan baik pengucapan bunyi maka sulit mempraktikkan bahasa asing.
Mempekokoh tutur bahasa yang baik dianggap bagian unsur bahasa yang tersulit. Bunyi tersulit bagi pelajar adalah bunyi bahasa asing tidak sama dengan bahasa ibu. Cara penuturan dalam bahasa ibu dan kebiasaan dalam penuturannya memberikan kesulitan besar bagi pelajar yang tidak terbiasa berbicara dengan bahasa yang dipelajari. Karena itu perlu perhatian penuh dan latihan yang sering dalam menuturkannya.

more: click here
Comments